Slackware 14.2

Setelah cukup lama ditunggu sejak versi beta sampai dirilis resmi pada akhir Juni 2016, maka berakhir sudah waktu menunggu itu. Dan berikut adalah beberapa improvement yang ada pada versi 14.2 kali ini.

0. Instalasi
Hanya dua hal yang saya rasakan, yaitu improvement cfdisk saat melakukan partisi hard disk, yang lebih intuitif. Yang lain adalah adanya pertanyaan mau di reboot sekarang atau nanti, dimana pada versi sebelumnya, kita diminta untuk melakukannya dengan cara Ctrl-Alt-Del sendiri. Adapun semua proses instalasi tidak banyak perubahan dengan versi sebelumnya. Tetap menggunakan text mode.

1. Tidak Menggunakan systemd
Merupakan khabar baik, karena pada versi 14.2 ini, tidak diadopsi. Mengingat systemd menimbulkan kontroversi diantara para pengguna.

2. Emacs

Ada tambahan theme leuven yang ditambahkan. Menurut saya ini adalah theme light yang cool dan secara default sudah ditambahkan pada Emacs. Good improvement.

3. Fonts
Ada tambahan font yang memberi impresi OS Linux, yaitu Linux Libertine dan Linux Biolinum, yang ditambahkan secara default. Adapun tambahan webcore-fonts menurut saya tetap perlu ditambahkan agar tampilan font di aplikasi dokumen bisa konsisten dengan kolega yang mungkin masih menggunakan OS non-Linux, serta memperkaya font seperti Cambria, Calibri, Verdana pada aplikasi Libre Office.

Demikian.

Comments

Popular posts from this blog

Masalah "Open Containing Folder" di Firefox

Office App In The Cloud

How To Make XFCE Looks Like Gnome Shell