Peta Jalan Memahami Slackware

Kesan pertama saat menggunakan Slackware adalah sulit dimanage, manakala kita ingin mengupgrade software/paket. Akan tetapi sekarang kuncinya sudah saya temukan, yaitu dengan cara mengikuti arahan dari Patrick Volkerding dalam e-mailnya kepada para pengguna Slackware. Adapun e-mailnya bisa dibaca dengan cara sbb.:
       # mail
Ingat, kita mesti login dengan root. Dan disana kita akan menemukan bagaimana cara yang terbaik untuk memanage paket/software Slackware kita dengan lebih baik. Disana kita akan diarahkan ke tool-tool seperti pkgtool, slackpkg, upgradepkg, removepkg, dll. Adapun untuk lebih memperdalamnya, tinggal dibaca manualnya (misal: # man pkgtool). Karena dokumentasi paling baik adalah dari si pembuat paket/software tersebut.
Dari sini, kita bisa memahami bagaimana cara memanage paket Slackware dengan cara yang benar. Dan tidak berantakan. Adapun paket Slackware yang direkomendasikan adalah dari www.slackbuilds.org; atau bisa juga dari Alien Pastures di http://alien.slackbook.org/blog/
Dengan demikian, kesan sulit akan hilang dengan sendirinya. Dan kelebihan Slackware adalah bahwa semua proses administrasi dilakukan di console. Karena memang Slackware tetap memegang teguh konsep Unix.
"Keep It Simple Stupid"

Comments

Popular posts from this blog

Masalah "Open Containing Folder" di Firefox

Office App In The Cloud

How To Make XFCE Looks Like Gnome Shell