Open SUSE

Kesan pertama menggunakan Linux adalah tampilan icon dan text yang besar-besar. Dari pengalamanku menggunakan Windows selama ini, ternyata tampilan desktop Linux kalah dengan Windows. Dan yang paling keren aku temukan adalah tampilan desktop Mac OS X. Yang mana waktu itu aku memiliki keyakinan bahwa Linux nanti akan bisa menyaingi tampilan seperti Mac OS X. Dan benar juga setelah aku mencoba menggunakan Open SUSE 12.2, tampilannya paling clear diantara distro yang lain, seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Red Hat.

Akan tetapi Open SUSE versi yang lama, dulu tampilannya juga masih standart. Dan Alhamdulillah, begitu release 12.2 memiliki tampilan yang clear. Dan Akhirnya membuat aku betah dengannya.

Open SUSE menurutku adalah distro yang sudah ready to use, tampilannya sudah bagus. Tinggal sedikit perubahan, terutama dalam tampilan font di Gnome Terminal, Gedit. Adapun theme Adwaita adalah theme terbaik selama ini. Dengan ditambah theme gnome * untuk Firefox, benar-benar desktop integration. Hal yang perlu ditambahkan adalah audio codecs yang memang tidak disertakan dalam DVD installer-nya. Akan tetapi hal itu bisa diatasi dengan cara menginstal fluendo gstreamer **. Untuk menginstall Adobe Acrobat reader cukup menggunakan zypper ***.

Inilah distro dengan dekstop yang selama ini aku impikan. And welcome back to Gnome.


---
* https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/adwaita/
**  sudo zypper in gstreamer-0_10-fluendo-mp3
***  sudo zypper install acroread

Comments

Popular posts from this blog

Masalah "Open Containing Folder" di Firefox

Office App In The Cloud

How To Make XFCE Looks Like Gnome Shell