Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin

Ungkapan itu menurut aku tidak hanya memiliki pengertian yang sempit bahwa hari ini, misalnya hari ini hari Selasa, 13 Dec 2011, harus lebih baik dari pada hari Senin, 12 Dec 2011 saja. Akan tetapi memiliki makna yang lebih luas lagi spektrumnya, yaitu..

Bahwa generasi kita harus lebih baik dari generasi orang tua kita dulu. Dalam pengertian kualitas hidup, kualitas pendidikkan, kualitas kesehatan dan kualitas-kualitas yang lain. Jadi kita haruslah memiliki visi yang jauh lebih luas. Memang untuk mewujudkan hal ini diperlukan step-step kecil menuju kesana.

Akan tetapi tanpa suatu visi yang luas, mustahil step-step kecil yang kita lakukan dari hari kehari menuju ke arah yang sesuai dengan impian kita. Seperti pepatah China kuno mengatakan (atau Lao Tze (?), aku agak lupa), bahwa "Langkah besar itu dimulai dari langkah-langkah kecil.".

Sebenarnya statement bahwa "Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin" adalah sabda Rasulullah saw. Dan sabda Beliau pastilah memiliki visi dan spektrum yang luas.

Inilah pemahamanku tentang sabda Beliau saw. tersebut.
Bagaimana dengan Anda?

Comments

Popular posts from this blog

Masalah "Open Containing Folder" di Firefox

Office App In The Cloud

How To Make XFCE Looks Like Gnome Shell