Skip to main content

Memahami E-mail

Siang ini (artikel ini aslinya ditulis 29 Sep 2013), saya sudah berjanji untuk menjelaskan apa dan bagaimana e-mail itu ke teman baik saya. And it's my way ...
 
Penjelasan saya awali dengan konsep dasar sebuah komputer.

(A) Apa itu Komputer?

Kata "komputer" dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Inggris "computer". Adapun "computer" itu berasal dari kata dasar "to compute" yang berarti "menghitung". Dari sisi sejarah, pada awalnya pengertian komputer didefinisikan sebagai sebuah peralatan (piranti) yang berfungsi untuk menghitung. Sebagai contoh: sempoa, yang bermetamorfosis menjadi kalkulator, atau bahkan alat hitung /mesin hitung kuno yang dibikin oleh Charles Babage; yang merupakan cikal bakal sempoa.

Nah, dalam perkembangannya, kemampuan komputer diperluas dengan menambahkan kemampuan lain, yaitu kemampuan dalam mengolah data. Baik data berupa text, gambar, maupun suara, seperti yang kita kenal sekarang ini.

(B) Komponen Penyusun Komputer

Pada dasarnya, sebuah komputer terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Bila diibaratkan dengan seorang manusia, yang memiliki badan dan nyawa. maka komputer terdiri dari 2 hal tadi, yaitu perangkat keras /badan dan perangkat lunak /nyawa.


Adapun istilah perangkat keras dalam dunia komputer (IT), disebut dengan istilah "hardware" (h/w) dan perangkat lunak lazim disebut dengan software (s/w).

(*) Hardware

Perangkat keras Komputer terdiri dari:

(1) Piranti masukan (Input Device)
(2) Unit Pemroses Pusat (Central Processing Unit / CPU)
(3) Piranti keluaran (Output Device)
(4) Piranti Penyimpan (Storage Device)
(5) Piranti Komunikasi (Communication Device)

:: Penjelasan

(1) Piranti masukan (Input Device) itu adalah piranti/alat yang digunakan untuk menerima masukan dari luar kepada sebuah sistem komputer. 
Itu ibarat fungsi telinga kita untuk mendengar, mata kita untuk melihat, lidah kita untuk merasakan pahit, manisnya makanan yang kita makan, dll.
Pada sistem komputer, hal ini diwujudkan pada piranti seperti keyboard (papan ketik) untuk memasukkan data text /tulisan, mouse untuk menggerakkan kursor di monitor, layar sentuh (touch screen) sebagai pengganti mouse tadi, dan lain sebagainya.

(2) Unit Pemroses Pusat (Central Processing Unit) atau yang biasa disingkat dengan CPU; adalah merupakan unit pemrosesan pusat (sentral) dari data yang masuk tadi, misalnya kita mengetik huruf "a" pada keyboard, maka untuk selanjutnya data text tadi akan diproses pada bagian CPU ini.
Pada kasus ini, bila kita analogikan (ibaratkan) dengan manusia, maka hal itu dapat diilustrasikan sbb: misalnya kita mencicipi sebuah masakan, maka apa yang kita lakukan? Biasanya kita akan mengambil sedikit masakan tadi ke lidah kita, untuk kemudian otak kita akan memprosesnya. Untuk kemudian, mulut kita akan berbicara: "Oh.. masakannya enak.", misalnya.

Nah otak manusia itu-lah yang dinamakan CPU. Atau dengan kata lain, CPU merupakan otaknya sebuah sistem komputer.

(3) Piranti keluaran (Output Device)
Pada kasus diatas; mulut kita yang berbicara tadi, maka dalam dunia komputer diwujudkan sebagai piranti keluaran (output device). Yaitu dalam kasus ini, maka, huruf "a" yang tadi kita ketik di keyboard, akan diproses oleh CPU, untuk kemudian ditampilkan pada layar komputer.

.: Dari ilustrasi sederhana ini, semoga bisa dimengerti bagaimana konsep kerja sebuah komputer dengan menggunakan 3 (tiga) hardware tadi.

Adapun dua komponen dasar yang lain, yaitu -- Piranti Penyimpan (Storage Device) dan Piranti Komunikasi (Communication Device) -- penjelasannya adalah sebagai berikut ...

(4) Piranti Penyimpan (Storage Device) dapat dipahami dengan ilustrasi berikut: 
Ibu guru meminta muridnya untuk menghafalkan kapan terjadi perang Pangeran Diponegoro yang terjadi pada tahun 1825-1835, misalnya.

Maka biasanya apa yang dilakukan si murid tadi adalah mencoba untuk menghafal atau "menempelkan" hafalan tadi kedalam ingatannya atau memorinya.
Inilah yang disebut dengan istilah memori dalam dunia komputer.

Untuk selanjutnya agar supaya tidak lupa, maka biasanya apa yang dilakukan oleh si murid tadi adalah menuliskan tahun 1825-1835 tadi kedalam buku catatannya. 
Nah buku catatan dalam dunia komputer itu lazim disebut sebagai sebuah "disk", antara lain: hard disk, flash disk, compact disc (CD), dan lain sebagainya.

(5) Piranti Komunikasi (Communication Device).
Penjelasannya dapat dimengerti dengan ilustrasi berikut:
Misalnya ada sebuah seminar dalam sebuah gedung, maka pada umumnya ada pengeras suara yang digunakan agar suara di pembicara bisa didengar dengan baik, oleh peserta yang duduknya di bangku paling belakang.

Nah piranti pengeras suara tadi, dalam dunia komputer dinamakan sebagai piranti komunikasi (Communication Device); yaitu sebuah alat yang memungkinkan satu komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.

Salah satu piranti komunikasi tersebut adalah modem. Yaitu piranti yang memungkinkan kita terhubung dengan komputer lain.

Semoga penjelasan saya berkenaan dengan hardware bisa dimengerti. Sekarang kita masuk ke perangkat lunak / software ...

(**) Software

Seorang manusia tanpa nyawa, tentu tidak dapat kita sebut sebagai manusia. Akan tetapi lebih dikenal sebagai mayat. Demikian juga halnya dengan sebuah komputer tanpa software ia hanya berupa sebuah mesin belaka.

Nyawa untuk sebuah komputer itu disebut sebagai OS (Operating System), yaitu sistem yang memungkinkan sebuah komputer untuk dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu kita kenal dengan istilah Windows, Linux, Mac OS X, dan yang lainnya dengan beragam jenis turunannya.

Nah, lalu mengapa itu kemudian ada istilah MS Word, Excel, Firefox, Internet Explorer, dan yang lain-lain yang membuat pusing kepala? 

Kalau yang barusan disebutkan, itu adalah software yang bukan kategori OS; akan tetapi masuk kategori aplikasi. Yaitu sebuah software yang memiliki fungsi khusus.

Sebagai contoh: MS Word adalah sebuah aplikasi khusus untuk menulis menjadi sebuah dokumen. MS Word merupakan aplikasi word processing (pengolah kata).

Lalu MS Excel itu berfungsi untuk mengolah data-data, untuk kemudian kita mendapatkan tabel-tabel. Atau dalam dunia komputer diistilahkan dengan spreadsheet application.

Nah, kedua aplikasi barusan itu adalah produk keluaran Microsoft, makanya didepannya ada embel-embel MS yang merupakan "singkatan" dari Microsoft.

Akan tetapi jangan terjebak dengan itu saja, masih ada aplikasi word processing yang lain, seperti Open Office atau LibreOffice/Writer dari dunia open source, Word Perfect dari Corel, dan masih banyak lagi yang lain.

Adapun Firefox, Internet Explorer, Chrome, dan yang lainnya itu masuk kategori software aplikasi yang disebut dengan browser. Atau sebuah software aplikasi untuk keperluan browsing internet.

Nah apa lagi tuh internet? Kok jadi tambah cumleng aku? ..

(C) Internet

Dari modem, kita bisa berkomunikasi dari komputer kita ke komputer orang lain. Bila komunikasi yang kita lakukan itu melibatkan semua orang di seluruh dunia, maka itulah yang disebut dengan "internet".

Jadi sederhananya, internet itu terdiri dari dua kata "inter" dan "net" yang merupakan singkatan dari "networking" atau jaringan. 

Bila kita berkomunikasi dengan satu teman misalnya si A, maka kita memiliki jaringan dengan si A. Adapun si A kemudian berteman dengan si B, maka disitu terjadi jaringan antara si A dan si B. 
Yang mana pada kasus ini, kita bisa berkenalan dengan si B atas rekomendasi dari si A (karena kita kenal dengan si A).

Nah jaringan-jaringan inilah yang memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan semua orang di dunia. Dan inilah yang disebut dengan istilah "internet.

(1) Browser
Ilustrasinya adalah sebagai berikut ...

Bila kita ingin keliling dunia, maka alat yang kita butuhkan adalah sebuah kendaraan, bisa naik pesawat terbang, kapal laut, mobil, motor, bahkan bersepeda-pun juga bisa.

Nah kendaraan inilah yang kita sebut dengan browser tadi.

Ok, lalu apa lagi tuh yang disebut dengan e-mail, aku kok isih mumet?

/// E-mail ///

Dalam dunia nyata, bila kita ingin berkirim surat ke saudara kita di negara Belanda misalnya, maka lazimnya apa yang kita lakukan adalah menulis surat, kemudian memasukkannya ke dalam amplop. Dan lalu kita tuliskan nama dan alamat tujuan, demikian juga dengan nama dan alamat kita.

Lalu kita tempelkan perangko, dan untuk selanjutnya oleh pak pos dikirimkan ke alamat tujuan.

E-mail = electronic mail. Mail = surat. Jadi e-mail adalah surat elektronik. Pada hakekatnya sama dengan ilustrasi yang barusan saya jelaskan tadi. Gampang tho?

Nah lalu praktek-e piye? 

"Hm...Ini orang kok tanya terus yo? Dadi ketularan cumleng aku. If it is so, please read my last statement as follows:

Insya Allah, bagi Anda yang ingin mendapatkan penjelasan selanjutnya, silakan berkomentar pada blog saya ini. Nanti akan saya bagikan free e-book penjelasan lengkapnya. Jazakumullah .. "

Comments

Popular posts from this blog

Masalah "Open Containing Folder" di Firefox

Sebagaimana lazimnya bila kita sudah selesai mendownload sebuah file dengan menggunakan Firefox, maka kita akan menuju ke folder tempat file tersebut di download. Ada sedikit permasalahan, saat kita menggunakannya di lingkungan Linux.


Bukan aplikasi file manager yang terbuka, akan tetapi kadang-kadang malah aplikasi lain, seperti Audacious.
Mengapa hal tersebut bisa terjadi di lingkungan Linux? Karena di Linux, tidak ada standardisasi file manager yang dipakai. Ada yang menggunakan nautilus, konqueror, dolphin, thunar, dll.
Untuk XFCE, dengan file manager Thunar. Berikut adalah cara untuk memecahkan masalah tersebut:
Edit file mimeapps.list berikut

$ nano ~/.local/share/applications/mimeapps.list
Pada bagian [Default Applications], tambahkan baris berikut:

inode/directory=Thunar.desktopDemikian.

Linux Yang Baik Hati

Ada beberapa pengguna Windows yang kadang curhat ke aku tentang gangguan virus saat mereka berkomputasi. Salah satunya adalah saudaraku sendiri yang tergolong end user.

Mengapa file-file yang ada di flash disknya kok tiba-tiba menghilang? Atau mengapa jadi aneh?

Rupanya setelah aku periksa dengan Linux tentu saja, terlihat jelas bahwa ada virus disana. Yaitu jenis virus yang menyembunyikan file-nya dan membuat shortcut ke folder yang akan di eksekusi seolah-olah itu adalah file kepunyaan pengguna. Akan tetapi disitulah jebakan batman-nya. Yaitu kode jahat yang akan dijalankan, begitu kita meng-klik short cut tsb.

Bila kita menganalisa dengan  Windows, maka fenomena keanehan tersebut akan berjalan. Karena virus tersebut memang didesain untuk menyasar Windows.

Akan tetapi bila kita menggunakan Linux, maka jelas sudah bahwa itu adalah kerjaan sebuah virus. Dan sudah beberapa kali aku menemui kasus seperti itu. Dan akhirnya apa yang aku lakukan?

Cukup aku ambil data yang di sembunyikan…

Visual Studio Code Untuk Belajar Python, C, C++ dan C#

Setelah mencari IDE (Integrated Development Environment) apa yang terbaik untuk mendevelop Python, Akhirnya saya mendapatkan pencerahan setelah menemukan Visual Studio Code. Rupanya ada perbedaan antara IDE dengan Editor. Bila Editor adalah semacam text editor saja, seperti notepad++, Emacs, vim, maka IDE adalah editor + compiler.

Oleh karena itu, maka IDE biasanya lebih berat dalam hal performance. Karena memang membundle editor + compilernya. Secara default, Visual Studio Code didesain bagi pengembang aplikasi web, yang meliputi html, css, java script, type script. Jadi untuk mendevelop bahasa pemrograman seperti Python, perlu sedikit cara agar bisa digunakan juga sebagai compiler.


Setting Python
Tekan F1, lalu ketik Task: Configure Taks Runner. Kemudian gantilah "command" : "python.sh", "isShellCommand" : true, "showOutput" : "always", "args" : ["{$file}"]
Itu artinya bila kita menjalankan task runner (run build Task…