Skip to main content

Memahami E-mail

Siang ini (artikel ini aslinya ditulis 29 Sep 2013), saya sudah berjanji untuk menjelaskan apa dan bagaimana e-mail itu ke teman baik saya. And it's my way ...
 
Penjelasan saya awali dengan konsep dasar sebuah komputer.

(A) Apa itu Komputer?

Kata "komputer" dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Inggris "computer". Adapun "computer" itu berasal dari kata dasar "to compute" yang berarti "menghitung". Dari sisi sejarah, pada awalnya pengertian komputer didefinisikan sebagai sebuah peralatan (piranti) yang berfungsi untuk menghitung. Sebagai contoh: sempoa, yang bermetamorfosis menjadi kalkulator, atau bahkan alat hitung /mesin hitung kuno yang dibikin oleh Charles Babage; yang merupakan cikal bakal sempoa.

Nah, dalam perkembangannya, kemampuan komputer diperluas dengan menambahkan kemampuan lain, yaitu kemampuan dalam mengolah data. Baik data berupa text, gambar, maupun suara, seperti yang kita kenal sekarang ini.

(B) Komponen Penyusun Komputer

Pada dasarnya, sebuah komputer terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Bila diibaratkan dengan seorang manusia, yang memiliki badan dan nyawa. maka komputer terdiri dari 2 hal tadi, yaitu perangkat keras /badan dan perangkat lunak /nyawa.


Adapun istilah perangkat keras dalam dunia komputer (IT), disebut dengan istilah "hardware" (h/w) dan perangkat lunak lazim disebut dengan software (s/w).

(*) Hardware

Perangkat keras Komputer terdiri dari:

(1) Piranti masukan (Input Device)
(2) Unit Pemroses Pusat (Central Processing Unit / CPU)
(3) Piranti keluaran (Output Device)
(4) Piranti Penyimpan (Storage Device)
(5) Piranti Komunikasi (Communication Device)

:: Penjelasan

(1) Piranti masukan (Input Device) itu adalah piranti/alat yang digunakan untuk menerima masukan dari luar kepada sebuah sistem komputer. 
Itu ibarat fungsi telinga kita untuk mendengar, mata kita untuk melihat, lidah kita untuk merasakan pahit, manisnya makanan yang kita makan, dll.
Pada sistem komputer, hal ini diwujudkan pada piranti seperti keyboard (papan ketik) untuk memasukkan data text /tulisan, mouse untuk menggerakkan kursor di monitor, layar sentuh (touch screen) sebagai pengganti mouse tadi, dan lain sebagainya.

(2) Unit Pemroses Pusat (Central Processing Unit) atau yang biasa disingkat dengan CPU; adalah merupakan unit pemrosesan pusat (sentral) dari data yang masuk tadi, misalnya kita mengetik huruf "a" pada keyboard, maka untuk selanjutnya data text tadi akan diproses pada bagian CPU ini.
Pada kasus ini, bila kita analogikan (ibaratkan) dengan manusia, maka hal itu dapat diilustrasikan sbb: misalnya kita mencicipi sebuah masakan, maka apa yang kita lakukan? Biasanya kita akan mengambil sedikit masakan tadi ke lidah kita, untuk kemudian otak kita akan memprosesnya. Untuk kemudian, mulut kita akan berbicara: "Oh.. masakannya enak.", misalnya.

Nah otak manusia itu-lah yang dinamakan CPU. Atau dengan kata lain, CPU merupakan otaknya sebuah sistem komputer.

(3) Piranti keluaran (Output Device)
Pada kasus diatas; mulut kita yang berbicara tadi, maka dalam dunia komputer diwujudkan sebagai piranti keluaran (output device). Yaitu dalam kasus ini, maka, huruf "a" yang tadi kita ketik di keyboard, akan diproses oleh CPU, untuk kemudian ditampilkan pada layar komputer.

.: Dari ilustrasi sederhana ini, semoga bisa dimengerti bagaimana konsep kerja sebuah komputer dengan menggunakan 3 (tiga) hardware tadi.

Adapun dua komponen dasar yang lain, yaitu -- Piranti Penyimpan (Storage Device) dan Piranti Komunikasi (Communication Device) -- penjelasannya adalah sebagai berikut ...

(4) Piranti Penyimpan (Storage Device) dapat dipahami dengan ilustrasi berikut: 
Ibu guru meminta muridnya untuk menghafalkan kapan terjadi perang Pangeran Diponegoro yang terjadi pada tahun 1825-1835, misalnya.

Maka biasanya apa yang dilakukan si murid tadi adalah mencoba untuk menghafal atau "menempelkan" hafalan tadi kedalam ingatannya atau memorinya.
Inilah yang disebut dengan istilah memori dalam dunia komputer.

Untuk selanjutnya agar supaya tidak lupa, maka biasanya apa yang dilakukan oleh si murid tadi adalah menuliskan tahun 1825-1835 tadi kedalam buku catatannya. 
Nah buku catatan dalam dunia komputer itu lazim disebut sebagai sebuah "disk", antara lain: hard disk, flash disk, compact disc (CD), dan lain sebagainya.

(5) Piranti Komunikasi (Communication Device).
Penjelasannya dapat dimengerti dengan ilustrasi berikut:
Misalnya ada sebuah seminar dalam sebuah gedung, maka pada umumnya ada pengeras suara yang digunakan agar suara di pembicara bisa didengar dengan baik, oleh peserta yang duduknya di bangku paling belakang.

Nah piranti pengeras suara tadi, dalam dunia komputer dinamakan sebagai piranti komunikasi (Communication Device); yaitu sebuah alat yang memungkinkan satu komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.

Salah satu piranti komunikasi tersebut adalah modem. Yaitu piranti yang memungkinkan kita terhubung dengan komputer lain.

Semoga penjelasan saya berkenaan dengan hardware bisa dimengerti. Sekarang kita masuk ke perangkat lunak / software ...

(**) Software

Seorang manusia tanpa nyawa, tentu tidak dapat kita sebut sebagai manusia. Akan tetapi lebih dikenal sebagai mayat. Demikian juga halnya dengan sebuah komputer tanpa software ia hanya berupa sebuah mesin belaka.

Nyawa untuk sebuah komputer itu disebut sebagai OS (Operating System), yaitu sistem yang memungkinkan sebuah komputer untuk dioperasikan atau dijalankan.

Oleh karena itu kita kenal dengan istilah Windows, Linux, Mac OS X, dan yang lainnya dengan beragam jenis turunannya.

Nah, lalu mengapa itu kemudian ada istilah MS Word, Excel, Firefox, Internet Explorer, dan yang lain-lain yang membuat pusing kepala? 

Kalau yang barusan disebutkan, itu adalah software yang bukan kategori OS; akan tetapi masuk kategori aplikasi. Yaitu sebuah software yang memiliki fungsi khusus.

Sebagai contoh: MS Word adalah sebuah aplikasi khusus untuk menulis menjadi sebuah dokumen. MS Word merupakan aplikasi word processing (pengolah kata).

Lalu MS Excel itu berfungsi untuk mengolah data-data, untuk kemudian kita mendapatkan tabel-tabel. Atau dalam dunia komputer diistilahkan dengan spreadsheet application.

Nah, kedua aplikasi barusan itu adalah produk keluaran Microsoft, makanya didepannya ada embel-embel MS yang merupakan "singkatan" dari Microsoft.

Akan tetapi jangan terjebak dengan itu saja, masih ada aplikasi word processing yang lain, seperti Open Office atau LibreOffice/Writer dari dunia open source, Word Perfect dari Corel, dan masih banyak lagi yang lain.

Adapun Firefox, Internet Explorer, Chrome, dan yang lainnya itu masuk kategori software aplikasi yang disebut dengan browser. Atau sebuah software aplikasi untuk keperluan browsing internet.

Nah apa lagi tuh internet? Kok jadi tambah cumleng aku? ..

(C) Internet

Dari modem, kita bisa berkomunikasi dari komputer kita ke komputer orang lain. Bila komunikasi yang kita lakukan itu melibatkan semua orang di seluruh dunia, maka itulah yang disebut dengan "internet".

Jadi sederhananya, internet itu terdiri dari dua kata "inter" dan "net" yang merupakan singkatan dari "networking" atau jaringan. 

Bila kita berkomunikasi dengan satu teman misalnya si A, maka kita memiliki jaringan dengan si A. Adapun si A kemudian berteman dengan si B, maka disitu terjadi jaringan antara si A dan si B. 
Yang mana pada kasus ini, kita bisa berkenalan dengan si B atas rekomendasi dari si A (karena kita kenal dengan si A).

Nah jaringan-jaringan inilah yang memungkinkan kita bisa berkomunikasi dengan semua orang di dunia. Dan inilah yang disebut dengan istilah "internet.

(1) Browser
Ilustrasinya adalah sebagai berikut ...

Bila kita ingin keliling dunia, maka alat yang kita butuhkan adalah sebuah kendaraan, bisa naik pesawat terbang, kapal laut, mobil, motor, bahkan bersepeda-pun juga bisa.

Nah kendaraan inilah yang kita sebut dengan browser tadi.

Ok, lalu apa lagi tuh yang disebut dengan e-mail, aku kok isih mumet?

/// E-mail ///

Dalam dunia nyata, bila kita ingin berkirim surat ke saudara kita di negara Belanda misalnya, maka lazimnya apa yang kita lakukan adalah menulis surat, kemudian memasukkannya ke dalam amplop. Dan lalu kita tuliskan nama dan alamat tujuan, demikian juga dengan nama dan alamat kita.

Lalu kita tempelkan perangko, dan untuk selanjutnya oleh pak pos dikirimkan ke alamat tujuan.

E-mail = electronic mail. Mail = surat. Jadi e-mail adalah surat elektronik. Pada hakekatnya sama dengan ilustrasi yang barusan saya jelaskan tadi. Gampang tho?

Nah lalu praktek-e piye? 

"Hm...Ini orang kok tanya terus yo? Dadi ketularan cumleng aku. If it is so, please read my last statement as follows:

Insya Allah, bagi Anda yang ingin mendapatkan penjelasan selanjutnya, silakan berkomentar pada blog saya ini. Nanti akan saya bagikan free e-book penjelasan lengkapnya. Jazakumullah .. "

Comments

Popular posts from this blog

KOMPUTER BRANDED VS KOMPUTER RAKITAN

Berikut adalah pengalaman dan studi komparatif antara komputer branded HP-ku yang dibeli sekitar tahun 2007, dan dua buah komputer rakitan yang menggunakan processor intel dan AMD. Dari dua buah komputer yang dirakit sekitar tahun 2013 yang menggunakan processor intel i3 dengan motherboard gigabyte dan di tahun 2014 yang menggunakan processor AMD A8; dapat dikatakan bahwa dari sisi spesifikasi, tentu komputer brandedku yang dibeli sekitar 10 tahun yang lalu, tentu memiliki spesifikasi yang jauh lebih jadoel. Akan tetapi seiring berjalannya waktu --yaitu di awal tahun 2017 ini -- kedua buah komputer rakitan tsb diatas; satu persatu mengalami kerusakan dan memaksa untuk direpair ke vendor asli yang merakit komputer tsb; dikarenakan aku pun sudah menyerah tidak dapat menyelesaikannya. Yang processor AMD A8, terpaksa diganti motherboard-nya. Demikian juga dengan yang intel i3. Adapun solusi yang diberikan vendor komputer AMD tsb, adalah selain mengganti motherboard yang memang rusak; adala

Fedora 22

It is about another Linux distro. Not a fashion thing. Sebenarnya saya sudah berkenalan dengan Fedora yang pada waktu itu masih memakai nama Fedora Core versi 4. Akan tetapi sayang tidak bisa memutas CD audio koleksi saya. Akhirnya saya move ke Ubuntu, yang bisa memutar CD audio, once the installation is complete. Sewaktu menggunakan Fedora 22, ada impresi keren yang muncul, diantaranya dengan gnome 3.16 dan adanya extention window list sehingga, window yang aktif muncul dibagian bottom bar. Sementara notification pada gnome 3.16 ditata ulang penempatannya dan menjadi satu dengan kalender yang ada di bagian top bar. Mengingat bila tidak ada window list, maka seakan-akan kita kehilangan kontrol atas window yang sedang aktif. Dan window list mempermudah kita dalam berpindah-pindah dari satu window ke window yang lain. Jadi lebih manageable. Satu hal mengapa saya selalu mencoba distro lain selain Slackware adalah karena desktop environment gnome yang di drop di Slackware sejak versi 12. D

Beberapa Catatan Tentang Linux

Tulisan ini lebih merupakan catatan penulis berkenaan dengan Linux. Semoga ada beberapa yang bisa diimprove dan diimplementasikan pada release selanjutnya. Graphical User Interface Pada umumnya, end user akan merasakan impresi pertama adalah saat pertama kali melihat performa tampilan GUI-nya. Maklum di abad 21 ini, semuanya sudah dipermudah dengan hanya klak-klik tombol mouse. Adapun pada hakekatnya command prompt itu lebih powerful ketimbang menggunakan aplikasi sejenis dalam mode GUI. Dan konsep ini selalu melekat pada orang-orang yang memang berkecimpung mengelola server. Maklum saja, karena server tidak memerlukan tampilan GUI sama sekali pada hakekatnya. Karena alasan performa server terbebani dengan tampilan GUI. Bila dalam ranah server, saya setuju dengan tampilan text based dalam mengelola server tersebut. Akan tetapi pada ranah desktop, maka yang menjadi point atraktif sebuah OS adalah tampilan GUI yang memukau sebening kristral. Bila Anda pernah membandingka